Minggu, 03 Februari 2013

Si Pulau Para Dewa

Bali!

Iya, Bali.

Jadi akhirnya, sekitar dua minggu yang lalu (16-19 Januari 2013), saya akhirnya berhasil juga menapakkan kaki saya di tanah dewata. Untuk tujuan penelitian kuliah (tadinya) hehehe.
Sejak bulan September 2013 dan setelah keluar dari pekerjaan saya, saya terdaftar sebagai mahasiswa pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia jurusan Pendidikan Bahasa Jepang.

Ceritanya, dalam mata kuliah Pemerolehan Bahasa Kedua atau dikenal juga dengan istilah Second Language Acquisition, kita ditugaskan untuk mewawancarai orang-orang yang di dalam kehidupan sehari-harinya sering menggunakan bahasa kedua untuk berkomunikasi. Terpilihlah Bali, karena pada saat itu, daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah sudah pernah diperoleh datanya oleh kakak-kakak kelas kami sebelumnya. Jadi singkat cerita, berangkatlah kita ke Bali.

Tapi ujungnya sih, disana juga bukan penelitian. Banyaknya main, hihihi. Disana kita mewawancarai masyarakat setempat yang sebagian besar mata pencahariannya adalah di bidang pariwisata. Jadi pada umumnya mereka dapat menguasai bahasa asing untuk dapat berkomunikasi dengan turis yang berkunjung ke Bali.
Mereka cuma bisa greetings, atau kosakata yang mudah saja dalam bahasa Inggris. Rata-rata tidak tahu menahu tentang grammar atau tata bahasa.

Jadi ya intinya, di Bali kita liburan! :D

Kalau bukan karna tujuan kuliah juga, kapan lagi saya bisa ke Bali? Jadi ya intinya senang-senang~
hehehehe.

Trip di Bali kemarin memang melelahkan, tapi juga menyenangkan. Kita mengunjungi hampir semua objek wisata Bali mulai dari daerah selatan sampe utara Bali.
Memang gak semua sih.
Jadi kita satu kelas kemarin nyewa bus yang cukup untuk sekitar 35 orang seharga 6 juta rupiah untuk 4 hari dan siap mengantar kita kemana-mana.

Hari pertama kita sampai di Bali, kita langsung menuju daerah Ubud dan berkeliling di daerah sana sebentar, lalu melanjutkan perjalanan hingga Padang Bai. Disana kita menginap di sebuah homestay bernama Parta Inn, sebuah tempat dekat pelabuhan tempat menyebrang menuju Lombok.

Pagi-paginya kita packing lagi, dan berangkat menuju sebuah desa kuno di Bali bernama Desa Tenganan. Kalau di Banten, daerah itu mungkin tempat suku Badui tinggal, jadi masih betul-betul kuat adat istiadatnya.

Desa Tenganan
Dari desa itu, kita menuju tempat yang bernama Taman Ujung. Konon katanya, taman itu tamannya raja Bali jaman dulu. Kalau di Jogja ada yang namanya Taman Sari, nah ini juga taman yang mirip seperti itu tapi lebih luuuuuuuuuuuuuas. Sayangnya waktu ke taman itu saya gak bawa kamera, jadi saya tidak sempat foto-foto.
Dari Taman Ujung, kita menuju Singaraja, dan sempat mampir di Kintamani, melihat gunung Batur.

Gunung Batur

Melanjutkan perjalanan lagi menuju Singaraja, makan malam di pantai Lovina dan menginap di salah satu motel di daerah Singaraja.

Pantai Lovina, Singaraja, Bali

Hari ketiga, pagi-pagi kita packing lagi dan kali ini menuju ke danau Beratan di daerah Bedugul yang terkenal dengan Pura Beratan-nya. Kalau punya uang rupiah 50 ribuan, bisa dilihat, pura yang kami kunjungi ini adalah pura yang ada di uang 50 ribu itu. :D

Nih kalo yang mau liat gambarnya:

Dan ini foto kita disana:

Sama kan backgroundnya?
:D

Dari sana, kita menuju ke Sanur dan berenang seharian sampe kulit item.
Lalu kami lanjutkan perjalanan menuju Tanah Lot untuk menginap di sekitar sana juga.

yang ini saya nyolong fotonya temen saya, gak papa lah yaaa :p
Lalu terakhir, Tanah Lot!
Hari itu kita harus pulang, jadi pagi-pagi banget sekitar jam 6 kita sudah packing dan siap-siap untuk melihat Tanah Lot. Jadi foto saya di bawah ini diambilnya subuh-subuh.
Pengennya lihat sunrise disana tapi ternyata kalau jam 5 ke kawasan pantai Tanah Lot masih dilarang karena katanya berbahaya.

narsis di Tanah Lot
Setelah itu, selesailah liburan saya.
Gak lama, tapi menyenangkan.

Moga bisa ke Bali lagi, amin!
Karena memang Bali itu luar biasa indahnya. saya aja terpesona. fiuhhhh.